10 Platform Terbaik Untuk Belajar Online [GRATIS]

Halo kawan, 

Internet  mengubah banyak hal, terutama dalam hal belajar. dengan bermodal seperangkat alat dan KEMAUAN. kita sudah bisa melakukan sesuatu yang luar biasa. 


Jika pada waktu yang lalu, ketergantungan pada sumber informasi dan tempat belajar menjadi sebuah alasan untuk melakukan hal besar dan bermanfaat. Nah, di era sekarang ini hampir tidak ada alasan lagi untuk menjadi ketergantungan pada satu atau dua sumber. apalagi terdapat platform belajar online gratis

Bahkan sekelas Oxford atau Harvard University pun bukan lagi sebuah kemewahan untuk belajar dari sana. karena sekarang tersedia berbagai macam program pembelajaran yang di tawarkan oleh lembaga pendidikan Nasiona dan internasional yang dapat dengan mudah di akses di belahan dunia manapun.

nah, Pada artikel kita kali ini secara khusus akan melampirkan 10 Platform terbaik untuk belajar secara gratis dimanapun dan sebagian besarnya adalah program yang tersedia Secara Gratis.

Belajar Online dan Offline

Disebut belajar, tentunya karena mempelajari sesuatu. dan belajar sendiri harus di sertai dengan mentor dan atau guru yang membimbing. mentor atau guru ini berubah  seiring perkembangan teknologi. apalagi semenjak maraknya COVID 19, banyak profesi yagn mulanya kita anggap sebagai sekedar pekerjaan atau rutinitas, berubah menjadi mentor atau guru.

Belajar pada akhirnya tidak hanya berkutat didalam ruangan kelasa atau laboratorium, sekarang berubah menjadi belajar dimana dan kapan saja. dan dapat mengulang sebuah materi sesuaka hati.

Belajar Online

Dengan hanya bermodal perangkat komputer atau smartphone, serta paket data internet. anda sudah bisa belajar sejumlah materi dan pengetahuan, dari berbagai mentor ternama dan universitas besar.
Kita yang selama ini kurang memiliki waktu keluar dari rumah, atau terkendala masalah pekerjaan. Sekarang sudah bisa belajar sambil ngopi di tersa rumah, di kafe, atau sambil berbaring di tempat tidur.

Youtube adalah plaform online sebagai penyumbang terbesar dalam hal belajar online.

Belajar Offline

Dengan adanya belajar Online, tidak serta merta menjadikan lembaga pendidikan resmi kehilangan minat. Justru lembaga pendidikan resmi lah yang mempelopori banyaknya platform belajar online.
Tingkat pendidikan dari dasar sampai tinggi, melakukan dua hal ini secara bersamaan. belajar online dan offline. 

Apakah Belajar Online Gratis?

Dari tinjauan banyak Platform pembelajaran secara online, sangat banyak platform yang menyediakan belajar secarqa gratis. Namun dengan berbagai syarat dan ketentuan. misalnya Anda belajar online dari Youtube. banyak channel yang menawarkan kursus atau memberikan materi pembelajaran  secara gratis melalui video. Namun tentu saja anda tidak mendapatkan sertifikat atau Ijasah atau legalitas yang dapat menjadi rujukan ketika melamar pekerjaan.

Namun, Banyak juga platform belajar online gratis, ya benar-benar gratis dan anda dapat sertifikat yang menjadi rujukan banyak perusahaan untuk menerima lamaran pekerjaan anda. dan platform belajar paling besar tentunya dari Google. 

Namun di list platform belajar online gratis berikut ini adalah list terbaik yang kami review dan direkomendasikan banyak mentor.

10 Platform Terbaik Untuk Belajar Online [GRATIS]

EDX.org

Edx menyediakan berbagai topik pembelajaran seperti bisnis,entrepreneurship, Biologi, machine learning, pemrograman, Ilmu komputer, Ekonomi dan masih banyak lagi.
 Tersedia lebih dari 3000 Topik belajar di platform edx.
Dan luar biasanya universitas terbaik di dunia diantaranya MITx,HARVARDx,Berkeleyx,Oxford, dan lain-lain menawarkan banyak kelas online. 
belajar online gratis

FreeCodeCamp.org

Platform ini merupakan platform terbaik untuk belajar pemrograman dalam hal ini Coding. tidak hanya belajarnya yang gratis. tapi anda juga bisa mendapatkan sertifikat jika anda lulus dari setiap topik yang anda ikuti. Terdapat sekitar 11 Sertifikat yang bisa anda apatkan dari mengikuti belajar online gratis di freecodecamp. belajar coding gratis

Diantaranya Responsive Web Design, JavaScript, Front End Libraries, Information Security.
Belajar coding gratis

KhanAcademy.org

Khan Akademi merupakan startup berbentuk organisasi nirlaba yang bergerak dalam dunia pendidikan. dan luarbiasanya khan akademi ini menyediakan platform pendidikan online kelas dunia secara gratis. 

Didalam platform ini anda dapat belajar tentang matematika, pemrograman, hingga Seni. tidak lupa juga mata pelajaran sekolah terpenting juga hadir di dalam platform ini seperti fisika,kimia,ekonomi, biologi dan lain-lain
beljar online matematika

Sololearn.com

Mirip dengan frecodecamp. sololearn juga merupakan platform yang di sediakan untuk belajar pemrograman, meningkatkan kemampuan yang erat kaitannya dengan teknis, atau hanya sekedar tidak ketinggalan dengan banyaknya tren-tren terbaru.

Terdapat ribuan topik yang bisa anda pelajari di platform ini
belajar coding gratis

w3schools.com

Pernahkan anda mebuka sebuah web yang terorganisir dengan baik, penempatan menu, kolaborasi warna, dan lainnya, sehingga anda betah untuk mengakses web tersebut.
belajar hal yang demikian dapat anda lakukan di platform w3schools ini.

terdapat Tutorial pembuatan web yang mudah dipahami  karena di barengi dengan banyak contoh cara menggunakan HTML, CSS, JavaScript, SQL, Python, PHP, Bootstrap, Java, XML, dan banyak lagi.
belajr desain web gratis

atau anda dapat mengikuti kursus membuat website dari Wesitebos

kursus websitebos

Platform belajar online dari Uxcel cukup interaktif seputar belajar coding. untuk  menghasilkan profesional desain  yang memungkinkan Anda mempelajari kemampuan desain baru, memvalidasi keahlian Anda, dan menemukan pekerjaan ideal Anda.
belajar coding gratis

MIT OpenCourseWare

Ingin Kuliah di universitas Massachusetts namun jauh dan tidak punya biasa, anda dapat belajar online gratis melalui platform ini.
terdapat banyak topikyang bisa anda pelajari secara online dan gratis diantaranya math for computer science, quantum teknologi, tentang keuangan, managemen, machine learning dan lain-lain

Microsoft learn

Microsoft sebagai salah satu leading software teknologi, juga menyediakan banyak pembelajaran secara gratis. Anda bisa pelajari banyak topik secara mendalam. dan tentunya mendapatkan sertifikat resmi dari microsoft.

Ted.com

di platform ini banyak hal yang anda bisa pelajari, pengetahuan teknis hingga membahas tentang public speaking. 
selain itu juga tersedia aneka kursus dengan berbagai topik, mulai dari teknologi, sosial ekonomi , bisnis, parenting dan lain-lain

Duolingo.com

ingin belajar bahasa, gunakan salah satu plaform ini. belajar lebih dari 30 bahasa dengan sederhana dan berdasarkan ilmu pengetahuan.

Itu dia rekomendasi 10 platform terbaik untuk belajar online secara gratis.

perlu kawan ingat, bahwa sudah menjadi hal umum bahwa pembelajaran gratis ini ada pada level materi ringan, walaupun terdapat pembelajaran topik tertentu yang tetap gratis hingga level advadced/mahir
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Search This Blog

Arsip Blog